Rabu, 25 Februari 2015

Trik Melawan Hawa Nafsu

Hawa nafsu adalah rasa dimana manusia memiliki keinginan yang disertai insting untuk memuaskan seluruh hasrat dan keinginan yang mendalam. Hawa nafsu bisa membuat diri sendiri menjadi lebih lemah bila hawa nafsu itu terlalu mengarah ke hal yang negatif. Namun hawa nafsu itu bisa ada dua mata, yaitu hawa nafsu positif dan negatif. Sebagai contoh, bila anda memiliki keinginan untuk memakan nasi dan nafsu makan anda ada dalam diri anda ketika anda sedang lapar, maka itulah nafsu yang positif atau baik. Namun bila nafsu itu berkeinginan untuk memperoleh kedudukan yang tinggi dari orang lain tanpa memikirkan efek yang ditimbulkan atau menginginkan tidur dengan lawan jenis, maka itulah nafsu yang negatif.

Semua itu memiliki efek dari nafsu yang dilakukan oleh seseorang. Dan semua hal yang berbau nafsu akan menimbulkan resiko yang amat dirasakan pelakunya. Sehingga untuk menghindarinya agar nafsu itu bisa ditahan agar memperkecil efek yang ditimbulkan seperti kehilangan banyak uang, kehilangan kasih sayang, kehilangan perasaan dan lain sebagainya. Maka akan ada cara yang baik untuk menghilangkannya. Cara itu memang bisa memberikan apapun yang bisa menjadikan diri manusia semakin mengarah kepada ketuhanan yang maha esa yang senantiasa bisa merubah apa saja yang ada dibumi ini. Sehingga untuk melawan hawa nafsu yang baik bagi diri sendiri maupun untuk orang lain, haruslah ada niat yang mendalam di dalam diri sendiri agar dalam kehidupan ini terciptalah ketentraman lahir dan batin.

Memang melawan hawa nafsu itu tidaklah mudah, dan lebih banyak memerlukan waktu. Namun taukah anda bila anda bisa merasakan setiap detik kehidupan anda untuk menuju ke hal yang lebih baik maka anda akan sadar, betapa diri anda lebih berharga jika anda bisa menjadikan diri sendiri terhindar dari hawa nafsu. Sehingga anda akan memperoleh keuntungan yang lebih banyang dengan memanfaatkan waktu yang ada saat ini. Dan jika anda lebih terpengaruh ke hal negatif seperti menyukai lawan jenis dengan cara ingin menidurinya, atau ingin memiliki seluruh hartanya, maka anda tidak akan mempunyai keuntungan yang baik. Dengan begitu setiap kali anda menjadikan diri anda sendiri lebih baik dalam berbagai hal anda di wajibkan bisa memperbaiki hawa nafsu anda untuk perubahan dari hal negatif kearah yang lebih positif.

Dimana anda tinggal dan dimana anda bisa merasakan hawa nafsu maka disitulah dilema akan terjadi dalam berperang untuk melawan hawa nafsu. Sehingga anda akan memerlukan tempat yang baik dan lebih harmonis saat anda menginginkan hawa nafsu yang lebih positif. Dan untuk menjadikannya lebih lancar, anda memerlukan kebutuhan secara bertahap dan mengingat bagaimana anda memiliki semua itu dengan baik. Tempat memang membuat setiap orang berubah dari segi sifat. Dan nafsu pun akan berubah pula. Sehingga anda harus lebih waspada dan hiduplah dengan baik yang lebih sederhana. Dengan cara itulah orang akan menjadikan dirinya sendiri ke hal yang lebih baik dan menjunjung tinggi hatkat dan martabat mereka.

Karena dengan melawan hawa nafsu akan memberikan segala hal yang baik bagi diri sendiri maupun untuk orang lain. Dan dengan melawannya anda akan terhindar dari bahaya yang ada dalam diri anda sendiri. Sehingga anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda saat berada di tengah - tengah hawa nafsu. Karena dengan begitu semua hal itu akan terasa lebih baik lagi dari dalam hati anda sendiri.

Kemudian bagaimana trik untuk melawan hawa nafsu tersebut?. Berikut caranya :

1. Jangan Memikirkannya

Memang sangat menyakitkan bila orang yang selalu melakukan hawa nafsu selalu ingin dan selalu ingin memuaskan hawa nafsunya seperti memakan makanan haram, membenci orang lain, serta hawa nafsu yang lain yang sekiranya bisa membuat orang lebih cenderung berbuat dosa. Maka dari itu untuk menghindarinya maka anda harus bisa memikirkan hal lain yang bisa melupakan hal tersebut. Sehingga anda akan terhindar dari kebiasaan yang buruk dan menuju ke hal yang lebih baik lagi.

Untuk membantu anda dalam hal ini anda memerlukan psikolog untuk membuatnya berhasil. Namun bila anda tidak menginginkan semua itu akan percuma anda melakukan hal untuk menghindari hawa nafsu. Setiap orang akan berhasil dengan baik menghindari hawa nafsu ketika mereka selalu yakin dan mempunyai keinginan berubah yang tinggi. Sehingga anda akan menjadikan diri anda sendiri lebih baik dari pada orang lain yang lemah akan hawa nafsunya.

2. Jauhilah Sejauh Mungkin

Memang suatu kebetulan yang direncanakan ketika anda berhasil untuk melawan hawa nafsu anda dengan cara menjauhi segala hal yang bisa membuat diri anda semakin terpuruk dengan keadaan anda saat ini. Dan dengan perubahan itulah anda bisa menjauhi orang yang mempunyai pemikiran yang negatif, sehingga anda bisa merasakan semua itu dengan sebaik - baiknya. Ingatlah bila anda mendekati seorang yang menyukai kebaikan maka anda akan tertular kebaikan tersebut dan sampai kapanpun dapat dikenang.

Dan bila anda selalu merasakan hal yang kurang baik kepada diri anda, maka introspeksilah apakah anda memiliki teman atau orang lain yang selalu membuat pikiran negatif anda semakin mendalam. Jika ia anda harus menjauhinya. Hawa nafsu akan selalu menyertai orang yang memikirkan hal negatif dan orang yang selalu menahan hal positif dalam dirinya akan selalu mendapatkan semua hal yang baik untuk kehidupannya.

3. Hindari Orang Yang Buruk

Orang akan selalu mendapatkan apapun yang mereka inginkan jika mereka selalu yakin perkumpulan merekalah yang membuat semua itu berubah. Sehingga dalam pertemanan itulah orang akan terpengaruh bagaimana hawa nafsu itu berlangsung dan mendapatkan apapun yang mereka inginkan demi nafsu yang diinginkan. Untuk itu jika anda ingin berhentu dalam berbagai hal dengan melawan hawa nafsu tersebut maka hindarilah orang yang pernah membuat anda terpuruk dalam kehidupan anda. Maka anda akan terhindar dari semua hal yang jahat.

4. Tingkatkan Keimanan

Iman adalah kepercayaan pada diri sendiri ataupun sesuatu. Maka iman bisa membuat diri sendiri lebih menjadikan ke hal yang lebih baik dan mengarah ke dalam kehidupan yang harmonis. Sehingga untuk menjadikan diri sendiri lebih menantang ke dalam kehidupan untuk bergulat kepada kesuksesan, maka orang tersebut harus bisa meningkatkan keimanan. Semua irang mengerti bila dengan melawan hawa nafsu tersebut haruslah bisa menahan hawa nafsu agar semua itu bisa berjalan dengan baik dan dengan semestinya.

5. Percayalah Tuhan Itu Ada

Jika anda bisa mempercayai keberadaan tuhan ada disisi anda maka anda akan terhindar dari hawa nafsu. Percayalah kepada tuhan yang selalu bisa memberikan anda semua hal yang baik dan mengarah kepada hal baik. Sehingga halangan dan rintangan kehidupan anda adalah suatu tantangan dimana anda harus bisa merasakan setiap hal yang ada dalam kehidupan anda sehari - hari. Dengan merasakan adanya tuhan maka hawa nafsu itu seakan menghindar atau menghilang dari kehidupan anda saat ini...

0 komentar:

Posting Komentar