Rabu, 25 Februari 2015

Cinta Saat Syawal dan Pemberian Ketupat

Cinta merupakan dua hati yang terjalin karena sebab masing - masing. Biasanya cinta akan berbuah hasil yang baik jika diberikan pengalaman didalamnya. Cinta dapat dinyatakan dengan berbagai cara, seperti halnya pemberian ketupat saat bulan syawal.

Pentingnya cinta untuk membentuk akhlak seseorang terdapat di bulan syawal ini. Jika pemberian ketupat dilakukan dengan baik dan dengan hati yang tulus ikhlas, maka perasaan cinta kepada pasangan akan semakin erat. Salah satunya pemberian ketupat secara langsung dan dengan perasaan yang baik.

Tanggal 2 syawal setelah hari raya diadakannya puasa untuk menyempurnakan iman seseorang. Tradisi kupatan sendiri terjadi pada tanggal 7 syawal dan dibarengi dengan acara tukar menukar makanan atau lauk pauk untuk tetangga sekitar. Cinta akan lebih bermakna jika diberikan ketupat kepada pasasangan, sehingga cinta akan lebih dimengerti setelah hari ketupat berlangsung.

Anda dapat memberikan pasangan berupa ketupat, makanan ringan, dan dalam bentuk apapun dengan ketupat. Menurut orang Jawa pemberian ketupat itu melambangkan pembentukan dua hati yang diikat dan diberikan beras atau dalam arti sesuatu yang jujur sehingga menghasilkan lontong atau makanan dalam bentuk sangat pulen untuk dimakan. Hal inilah yang menjadikan tanda dari keistimewaan dalam memberikan ketupat lambang dari kejujuran dan keteguhan hati.

Di Indonesia sendiri pernyataan cinta dengan cara memberikan ketupat kepada calon pengantin atau pasagan masing - masing adalah cara yang paling baik untuk memberikan pengaruh terhadap lingkungannya. Daerah Jawa khususnya Jawa Timur yang sering sekali memberikan tradisi Kupatan atau pemberian kupat. Di jaman para Wali ketupat ini sering sekali dilaksanakan setelah hari raya Idul Fitri atau sebagai pelambang dari seleseinya puasa yang sempurna.

Dalam arti di Pulau Jawa sendiri pemberian ketupat terhadap pasangannya adalah hal yang paling lumrah dan sering menjadi pemberian perasaan yang sangat baik kepada pasangan. Sebab ketupat merupakan bukti dari cinta sejati. Karena cinta itu akan nyata bila diberikan secara nyata dan tanpa adanya paksaan. Oleh karena itu cinta yang terpenting adalah saling memberi, tanpa harus diminta dan meminta.

Jika memberi ketupat dengan ikhlas dan baik maka semua akan terasa indah bila dengan perasaan yang baik pula untuk memberikannya kepada pasangan. Semua akan terasa lebih baik bila puasa dilakukan saat syawal dengan berbuka bersama pasangan dan memberikan pengaruh sangat baik terhadap lingkungan, untuk cinta yang merupakan sedekah dari semua yang dilakukan dan memberikan ketupat pada saat bulan syawal merupakan bukti cinta yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar