Rabu, 11 Februari 2015

belajar taekwondo untuk pemula

Taekwondo :
 Image
Taekwondo merupakan seni bela diri yang berasal dari negara korea.taekwondo merupakan seni bela diri tentara korea pada dahulu nya.

taekwondo mempunyai arti :
 tae     : kaki
kwon  : pukulan
do      : sistem atau seni

jadi arti kesuluruhan taekwondo merupakan seni bela diri yang menggunakan kaki dan tangan.
 taekwondo di bagi menjadi dua yaitu wtf dan itf
taekwondo wtf merupaka seni bela diri yang safety dan aman saat bertanding dan mempunyai pelindung yang lengkap ,serangan tumbukan hanya boleh ke badan atau body protector ,dan indonesia menggunakan taekwondo WTF.

Taekwondo ITF didirikan oleh Jendral Choi, seorang ahli TAEKKYON & penyandang DAN II KARATE, teknik teknik ITF pun mirip dengan karate.dengan memakai sepatu dan handgloves tanpa pelindung badan taekwondo ITF siap di pertanding ka,dan Taekwondo ITF lebih ke self defence.

Cukup saya memperkenal kan Tentang arti-arti taekwondo.
Saya sendiri seseorang yang meminati seni bela diri ,awal nya saya masuk karate ya di saat baru baru tentu saja murid sangat semangat di sanalah saya di kenal kawan kawan senang dengan semangat saya dan simpai(sebutan pembimbing karate ) memuji saya namun karna pujian pujian itu saya hancur,saya meremehkan teman teman saya naik 2 sabuk tapi saya hanya 1 sabuk,sungguh mengecewakan ahk sudah dulu tentang saya di karate

 saya pergi dari tempat latihan tersebut dan ketika kuliah saya menemukan Taekwondo dan sudah beberapa bulan karna keahlian dan bakat yang saya miliki saya menjadi ketua Taekwondo,haa sedikit pd munkin tidak dilarang..

sekian tentang saya ,
disini saya akan memperkenalkan tentang dasar dasar taekwondo

awalnya pada saat kita latihan akan terdengar instruksi chumbi ,cariuap(bersiap),chongek,(menundukan kepala) .

- Sabuk putih

 – get a splits( belajarlah splits )
 semua tendangan itu akan mudah dilakukan jika kita sudah mendapakat kelenturan splits,usahakan lari lari kecil dulu 10 menit membuat regang tubuh dan memanas lalu lakukan splits upayakan 2x sehari,meskipun ini susah tapi ingat mereka yang kuat juga penuh dengan perjuangan.

inilah jenis tendangan tendangan di sabuk putih
 – Momtong Ap Chagi : Tendangan lurus ke arah perut dengan Apchook
- Eolgol Ap Chagi : Tendangan lurus ke arah kepala dengan Apchook
- Dello / Ball Chagi : Tendangan mencangkul arah kepala dan seperti kapak disaat jatuh nya
- Dollyo Chagi : Tendangan melingkar

 Tangkisan ( Makki )
- Arae Makki : Tangkisan ke arah bawah
- Momtong An Makki : Tangkisan ke arah perut dari luar ke dalam
- Momtong Bagkat Makki : Tangkisan ke arah perut dari dalam ke luar
- Eolgol Makki : Tangkisan ke arah kepala
- Batangson Arae Makki : Tangkisan ke arah bawah dengan telapak tangan

Pukulan ( Jireugi )

- Momtong Jireugi : Pukulan ke arah perut

- Eolgol Jireugi : Pukulan ke arah kepala

- Gabrion / Dobeon : Pukulan dua kali ke arah perut

- Sambion : Pukulan tiga kali ke arah kepala, leher, perut

namun semuanya bisa dengan mudah jika kita bisa melakukan point pertama yaitu splits.

Kalaw soal fight / kyourugi penulis sendiri juga sudah lumayan sering di adu,
menurut saya hal yang perlu di perhatikan saat betarung seperti:

-Berdoalah (hee)
  Agar kita selalu di pelancar kan dan dimudahkan dengan sang pencipta.

-Fokus pada lawan,tatap matanya
  Ini sangat lah penting untuk mengalahkan lawan anda harus bisa fokus,tatap lah mata lawan,
dan sedikit pun  jangan pernah tundukan kepalamu,karna jika kamu menundukan kepala, kamu akan kehilangan ke fokusan mu,

-Jangan terlalu emosi
 Jika kita terkena terus jangan emosi anggaplah itu hal biasa,tapi kita bertekad untuk membalasnya dengan mencari peluang yang tepat

-Serang dengan 1 hit
 Untuk melakukan ini kamu harus memiliki tenaga yang kuat dan akurasi yang tepat, untuk 1 hit kamu harus menendang bagian kepalanya atau uluatinya, jika kamu menendang bagian itu insyaallah lawan kmu akan tak berdaya,cari lah kesempatan,
sabeum ku pernah mengatakan : jika lawan tendang 2x kamu harus balas 5x atau lebih,tapi penulis berpikir lain,dan karena penulis melakukan metode 1 hit sering saya sendiri merasa sedih jika menciderai lawan,hee
tapi itu semua terserah agan2 mau metode yang mana. ^^

-Training /latihan
  Ini bisa membuat kita mempunyai percaya diri yang tinggi karna semakin sering kita latihan semakin tinggi tingkat percaya diri kita.

2 komentar:

  1. Terima kasih infonya sangat membantu
    Saya baru belajar taekwondo
    Yang paling susah split. :(

    BalasHapus