Rabu, 11 Februari 2015

Hati-hati, stres mampu tingkatkan risiko diabetes





Selama ini gaya hidup yang tidak sehat, sering bermalas-malasan, serta mengonsumsi makanan tidak sehat dituding menjadi penyebab utama dari munculnya penyakit diabetes dalam tubuh seseorang. Itulah sebabnya banyak orang yang fokus untuk menjalankan menjauhi faktor penyebab diabetes seperti contoh tersebut tanpa mengetahui bahwa ada faktor penyebab diabetes yang lebih berbahaya.

Dilansir dari dailymail.co.uk, seorang pria di Inggris terdiagnosis menderita diabetes. Padahal selama ini dia telah menjalankan pola hidup sehat serta dia tidak memiliki bentuk tubuh yang gemuk. Namun dokter yang memeriksanya mengatakan bahwa stres yang dia alami menjadi penyebabnya.

"Setiap orang yang mengalami stres maka akan muncul reaksi di tubuhnya entah berupa kenaikan tekanan darah, detak jantung, dan pelepasan hormon stres," terang Professor Andrew Steptoe, ahli psikologi dan epidemiologi dari University College London.

"Pelepasan hormon stres yang disebut dengan kortisol ini membuat tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau membuat insulin menjadi tidak sensitif terhadap zat gula. Akibatnya zat gula akan masuk ke dalam sel tubuh dan menyebabkan diabetes," Naveed Sattar, profesor kesehatan dari University of Glasgow menambahkan.

0 komentar:

Posting Komentar