Selasa, 25 November 2014

MUSIK ASIA

MUSIK ASIA

1. Musik Melayu
Negara yang masuk ke dalam rumpun melayu di antaranya Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darusalam. Ciri utama musik melayu adalah menggunakan alat musik membranophone atau gendang tradisional yang menghasilkan sentuhan dendang dan joget.

2. Musik Oriental
Negara oriental antara lain Cina, Jepang, Korea, dan Hongkong. Pada musik oriental yang paling menonjol adalah instrument string (alat musik petik dan gesek) dengan tangga nada pentatonic setempat.

3. Musik Hindustan
Musik Hindustan yang paling dominan adalah dari Negara India dan Pakistan. Musik Hindustan mudah dikenali dari ritme instrument tabla. Tabla yaitu kendang dai India yang berupa sepasang kendang berbentuk kendil, dimainkan dengan sentuhan jari dan telapak tangan.

4. Musik Timur Tengah
Musik timur tengah antara klain qasidah. Qasidah ialah lagu yang bernapaskan islam yang melodinya berakar pada lagu timur tengah (Arab). Penyajian lagu-lagu timur tengah menggunakan iringan seperangkat rebana. Lagu-lagu qasidahberdasarkan tangga nada tradisional dari timur tengah. Tangga nadanya memiliki skala nada diatonic dan kandungan nada-nada mikrotonik.

I.            Musik Melayu
Musik Melayu adalah aliran musik tradisional yang bermula dan berkembang di wilayah pantai timur Sumatra, Kalimantan, dan Semenanjung Malaya. Musik ini biasanya dinyanyikan oleh orang-orang dari suku bangsa Melayu yang tidak jarang diiringi pula dengan tarian khas Melayu setempat misalnya tari Persembahan dalam perhelatan atau pesta adat, penyambutan tetamu kehormatan, dan dalam kegiatan keagamaan. Yang menarik dari aliran musik ini terletak pada susunannya yang terdiri dari lirik lagu yang mengandung syair yang disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari dan penuh dengan tunjuk ajar (pesan moral), diisi dengan suara atau vokal khas cengkok Melayu, dan aransemen musik yang tersusun rapi.
Seiring dengan perkembangan zaman musik Melayu mengalami keberingsutan gaya musik misalnya saja mengalami perpaduan dengan aliran musik pop, musik rok, dan dangdut. Aliran ini dapat dijumpai di negara-negara serumpun Melayu, seperti Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.
II.            Musik Oriental
Musik Oriental adalah musik yang lahir dan berkembang di kawasan Asia Timur seperti di Negara Jepang, Korea, Cina.
Ciri musik Oriental antara lain:
a.       alat musik yang dominan adalah alat musik string
b.      menggunakan tangga nada pentatonis
c.       musiknya menimbulkan suasana ekspresif
Lagu-lagu Oriental contohnya: -Qing Fei De Yi, Wo Aini, Kokoronotomo
Keunikan musik Oriental adalah Instrumennya menimbulkan suasana ekspresif
III.            Musik Hidustan
Musik Hindustan mudah dikenali dari ritme instrumen tabla yaitu kendang India berbentuk bejana (kendil), dimainkan dengan sentuhan jari dan telapak tangan.
Alat musik India yang lainya yaitu Vina, yaitu alat musik petik India. Alat itu mempunyai 7 dawai dengan jangkauan nada yang lebih luas dari 2 oktaf. Alat ini adalah alat yang paling sempurna dan yang paling mengakar di hati masyarakat India dibandingkan dengan alat-alat yang lain. Musik/ lagu-lagu Hindustan popular karena sering digunakan sebagai ilustrasi musik (musik Score) dalam industri perfilman di Bollywood. Lagu-lagunya yang popular dan familiar adalah diantaranya lagu Kuch Kuch Hotahai.
                       
IV.            Musik Timur Tengah
Musik Timur Tengah berkembang di negara Arab,dan sekitarnya.Musik Timur Tengah yang paing menonjol adalah qasidah.Qasidah adalah lagu yantg bernafaskan islam yang alur nadanya/melodinya berakar/berorientasi pada lagu Timur Tengah. Syair lagu qasidah menceritakan keagungan Allah SWT,kebesaran rasul_nya,akan beramal dan berjihad di jalan Allah,serta anjuran untuk menjalankan perintah Allah dan menjauhi perintah_nya.
Lagu-lagu qasidah rebana menggunakan tangga nada tradisional Timur Tengah yang selain memiliki skala nada diatonik juga terdapat nada-nada mikrotonik.
Instrumen yang khas dari qasidah,antara lain:

(a) Rebana
Rebana adalah alat musik yang berupa gendang satu sisi dengan badan tidak rendah sesuai dengan kemampuan genggaman tangan.


(b) Gitar Gambus
Gitar gambus adalah kecapi Arab yang kepalanya berbentuk S ,badannya lebih dalam dan lehernya lebih sempit

0 komentar:

Posting Komentar