Selasa, 18 November 2014

10 Artikel Terbaik 2013

Tak terasa tahun 2013 akan kita lewati dan akan menyongsong tahun baru 2014. Setelah sebelumnya saya memposting tentang 10 artikel terbaik di tahun 2012, kini saya akan membahas 10 artikel terbaik di tahun 2013. Saya menentukan artikel terbaik ini berdasarkan total jumlah pengunjungnya.
Tahun 2013 adalah tahun “selangkah menuju kejayaan”. Itu karena pada tahun ini merupakan awal dobrakan pengunjung blog ini. Pada tahun 2013, blog ini berhasil mencapai kunjungan 10.000 pengunjung per hari. Kunjungan per bulan pun sangat meningkat drastis. Dari sebelumnya pada tahun 2012 mencapai 60.000 pengunjung per bulan, pada tahun 2013 menjadi 400.000 pengunjung per bulan! Sebuah peningkatan yang sangat jauh melampaui target yang semula hanya 200.000 pengunjung per bulan. Berdasarkan peningkatan pengunjung yang dialami, saya menargetkan 2.000.000 pengunjung per bulan di tahun 2014!
Berdasarkan analisis, artikel terbaik datang dari empat topik yaitu negara maju dan negara berkembang, sistem organ, cinta, dan sosiologi. Terdapat tiga artikel yang berasal dari 10 artikel terbaik tahun lalu dan hanya dua artikel yang berasal dari tahun 2013.
Nah, apa sajakah 10 artikel terbaik 2013? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Daftar Negara Maju dan Berkembang di Dunia (NEW ENTRY!)

Ternyata, ada juga artikel yang berhasil menyalip raja dari raja artikel di tahun 2012. Artikel ini dibuat pada tanggal 26 Oktober 2012 dan sekaligus memecahkan banyak rekor selain total pengunjung. Pertama, kunjungan harian artikel tersebut pernah melebihi rata-rata total pengunjung harian blog saya di tahun 2012! Kedua, artikel dengan komentar paling banyak sekaligus artikel pertama yang menembus 100 komentar. Artikel ini seringkali dirubah karena selalu dipertanyakan dan diperdebatkan. Artikel ini berhasil menumbangkan raja artikel 2012. Artikel apa lagi yang bisa menyalip artikel ini di tahun 2014?

2. Sistem Ekskresi Pada Manusia (Artikel Lengkap) (TURUN 1)

Artikel ini, walaupun berhasil menyalip raja artikel 2011, ternyata artikel ini tidak dapat bertahan pada posisinya. Total pengunjung di artikel ini memang jauh dari artikel yang berada di peringkat dibawahnya. Namun, jauh juga dari artikel yang berada di peringkat pertama. Sehingga bisa dipastikan bahwa artikel ini akan tetap bertahan di posisi top 10. Tidak seperti raja artikel 2011 yang pada tahun ini menghilang dari posisi top 10.

3. Bagaimana Cara SMSan Sama Orang yang Kita Suka Dengan Baik dan Benar? (NAIK 6)

Artikel ini adalah artikel pertama yang naik peringkat. Memang, sejak tahun lalu setelah saya melihat perkembangan artikel ini yang merupakan artikel Tips Cinta yang pertama, saya sudah memikirkan tentang mengembangkan artikel tentang cinta. Jadi, selama tahun 2013 saya berfokus pada artikel tentang cinta. Saya juga memikirkan strategi pengembangannya. Dan hasilnya, jumlah pengunjung blog saya terbantu dengan topik baru tersebut.

4. Sistem Pencernaan Pada Manusia (Materi Lengkap Biologi) (NEW ENTRY!)

Rupanya, artikel tentang sistem organ sangat sukses tahun ini. Mulai dari ekskresi, pencernaan, sampai pernapasan. Saya menargetkan untuk menyelesaikan seluruh artikel tentang sistem organ pada tahun 2014. Semoga seluruh artikel tentang sistem organ sukses masuk 10 besar di tahun 2014.

5. 10 Contoh Negara Maju dan Negara Berkembang (NEW ENTRY!)

Selain topik tentang sistem organ, topik tentang negara maju dan negara berkembang juga sukses. Ini dibuktikan dengan adanya 4 artikel yang bertopik demikian yang masuk dalam daftar top 10 pada tahun 2013. Sepertinya, trend artikel tahun 2014 pun akan demikian.

6. Sistem Pernapasan Pada Manusia (Artikel Lengkap) (NEW ENTRY!)

Satu lagi artikel tentang sistem organ yang berhasil masuk 10 artikel terbaik 2013. Selanjutnya, saya ingin terus mengembangkan artikel tentang sistem pernapasan.

7. Bagaimana Cara Supaya Cowok yang Kita Suka Juga Suka Sama Kita? (NEW ENTRY!)

Pada awal pengembangan artikel tentang Tips Cinta, saya hanya membuat dua artikel. Yaitu yang sekarang berada di daftar 10 artikel terbaik 2013. Ternyata, kedua “nenek moyang” artikel Tips Cinta sangat sukses hingga sekarang. Tidak rugi saya mengembangkan artikel yang cukup banyak membuat saya malu ini.

8. Peta Dunia Negara Maju dan Berkembang (TURUN 4)

Ternyata, artikel pendek ini masih mampu bertahan walaupun turun empat poin dari posisi tahun lalu. Saya masih meneliti mengapa artikel sependek ini bisa populer. Padahal hampir semuanya berasal dari mesin pencari.

9. Rangkuman: Negara Maju dan Negara Berkembang (TURUN 6)

Artikel ini cukup turun drastis. Ini disebabkan oleh desakan artikel-artikel lain dibawahnya dan terdapat banyak artikel baru bermunculan.

10. 12 Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli (NEW ENTRY!)

Ternyata, membuat banyak artikel tentang sosiologi tidak banyak membantu peningkatan trafik pengunjung blog ini. Awalnya saya melihat 10 artikel terbaik 2012 dan salah satu diantaranya adalah artikel tentang sosiologi. Sehingga pada tahun 2013 saya sangat fokus terhadap artikel tentang sosiologi. Tapi ternyata, artikel tentang sosiologi malah berada diurutan terakhir. Maka, tahun 2014 saya akan menghentikan pengembangan artikel sosiologi.
Inilah 10 artikel terbaik 2013. Ternyata, memang tak ada yang tak mungkin dan memang tak ada yang kekal. Saya mengucapkan selamat tahun baru 2013. Semoga di tahun baru nanti kita bisa menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar